Cara Disavow Links (Hapus Backlink Spam/Negatif)
Cara Disavow Links

Cara Disavow Links (Hapus Backlink Spam/Negatif)

Pernahkah Anda merasa bahwa ranking website atau artikel Anda tiba-tiba menurun di Google? Entah itu menurun secara drastis atau secara perlahan. Jika Anda pernah mengalaminya, mungkin Anda akan bingung mengapa hal tersebut terjadi padahal Anda sudah mengikuti semua peraturan Google. Contohnya seperti membuat artikel asli buatan sendiri dan tidak copas artikel lain.

Menurut Kami, mungkin saja peringkat website atau artikel Anda menurun dikarenakan adanya backlink negatif, spam, toxic atau bisa disebut backlink tersebut mempunyai kualitas yang buruk. 

Karena hal itulah mungkin Google menganggap website Anda spam dan Google menurunkan peringkat website demi kenyamanan user.

Lalu mengapa link spam atau link berkualitas buruk ini bisa diarahkan kepada website Anda dan darimana asalnya? Ada kemungkinan seseorang tidak suka melihat website Anda mempunyai trafik tinggi dan berkembang. Oleh karena itu mereka melakukan backlink spam berkualitas buruk ke website Anda contohnya seperti situs perjudian, situs terlarang, situs porno dan lain-lain.

Namun Anda tidak perlu khawatir, Google sudah menyelesaikan permasalahan ini dengan memberikan tools gratis yaitu Disavow Links. Tools ini berfungsi untuk menghilangkan tautan eksternal atau backlink yang ingin Anda hapus dari website. Lalu bagaimana caranya kita menggunakan tools ini? Yuk simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Disavow Links?

Disavow Links adalah sebuah tools yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk menolak tautan yang masuk ke website Anda sehingga tidak dianggap sebagai backlink. 

Mungkin orang-orang akan banyak yang bertanya, kenapa backlink ditolak? Bukannya semakin banyak backlink yang di dapat website maka website tersebut akan memiliki ranking yang bagus di mesin Google?

Perlu diketahui bahwa tidak semua tautan yang masuk ke website atau backlink bagus untuk website Anda. Saat ini banyak sekali backlink dianggap spam atau tidak berkualitas oleh Google yang bukannya membuat peringkat website naik namun malah menurun.

Sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya, Kami akan menjelaskan sedikit tentang backlink terlebih dahulu. Backlink adalah tautan atau link dari website orang lain menuju website Anda. 

Contohnya seperti website A membuat artikel dan di artikel tersebut ada sebuah teks berisi tautan yang mengarah ke website B. Maka website B tersebut mendapat backlink dari website A.

Kapan Tools Ini Digunakan?

Tools Disavow Link ini bisa kapan saja Anda gunakan tergantung kebutuhan dan keinginan. Namun saran dari Kami jika Anda merasa peringkat website menurun atau artikel hilang di hasil pencarian Google, maka mungkin saat itulah Anda bisa coba gunakan tools ini. 

Tapi sebelum menggunakan tools ini, tentunya Anda harus mengecek terlebih dahulu link atau tautan mana yang memiliki kualitas buruk atau negatif.

Bagaimana Cara Cek Backlink Negatif atau Toxic Link?

Sebelum Anda menggunakan tools Disavow Link dan menolak link yang masuk ke website, Anda perlu mengetahui dahulu link mana saja yang berdampak buruk untuk website Anda.

Anda bisa cek mana saja backlink Spam atau tidak dengan menggunakan Google Search Console. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google Search Console yaa, tapi jika belum Anda bisa coba ikuti panduan dibawah ini untuk membuatnya.

Masuk ke Google Search Console Anda, lalu cari menu Links di sidebar dan klik.

Cara Disavow Links

Setelah itu di tampilan sebelah kanan cari menu Top linking sites. Dibagian tersebut tekan tombol More.

Top Linking Sites

Selanjutnya akan tampil daftar nama domain yang memberikan backlink ke website Anda. Anda bisa cek secara perlahan dengan teliti dan catat di notepad domain mana saja yang diperkirakan sebagai backlink negatif atau tidak berkualitas dan ingin Anda hapus. 

Hal tersebut pastinya sangat menguras banyak waktu terutama untuk website besar yang sudah mempunyai banyak backlink, namun itu satu-satunya cara terbaik dan tentunya gratis yang bisa dilakukan.

Cara Disavow Link (Menghapus Backlink Spam/Negatif)

Jika Anda sudah membuat daftar nama domain mana saja yang ingin Anda hapus karena terindikasi memberi dampak buruk untuk website Anda, maka Anda bisa ikuti langkah selanjutnya dibawah ini.

Anda buat daftar nama domain tadi dengan format txt. Misalnya seperti Toxic-Links-03122020.txt dan didalamnya tersusun dengan pola seperti gambar dibawah ini.

Toxic Links

Jika daftar sudah dibuat dengan format yang Kami sebutkan diatas, maka selanjutnya buka link Disavow Links. Kemudian pilih property website Anda dan upload file txt tadi di Upload Disavow List.

Tools Disavow Links

Setelah itu klik Submit dan Done.

Menolak domain-domain tersebut agar tidak mengarah ke website Anda tentu memerlukan waktu. Anda bisa tunggu sembari membuat konten untuk website Anda. 

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan terkait cara Disavow Link atau cara menghapus backlink spam dan negatif. Terima kasih sudah mengikuti Kami sampai akhir, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.

Jika ada bagian yang dirasa tidak Anda paham atau kurang mengerti, Anda bisa coba langsung kirim pertanyaan tersebut di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

Baca Juga: Pentingnya Email Marketing Untuk Bisnis

Beri Komentar

HindiaZone