15 Alasan Pentingnya Email Marketing Untuk Bisnis
Pentingnya Email Marketing Untuk Bisnis Online

15 Alasan Pentingnya Email Marketing Untuk Bisnis

Seiring berkembangnya strategi pemasaran digital lainnya, pertanyaan yang terus muncul adalah: “apakah pemasaran email masih penting?”

Singkatnya, ya. Membuat strategi pemasaran email yang kuat membantu Anda menjangkau dan terhubung dengan audiens target Anda dengan cara yang dipersonalisasi dan meningkatkan penjualan dengan biaya yang terjangkau. Sama seperti platform dan media lain yang telah berubah, alat pemasaran email memberi bisnis Anda kemampuan untuk menjangkau pelanggan lebih mudah dari sebelumnya.

Apa Itu Email Marketing?

Jika Anda belum tahu apa itu email marketing, maka Kami akan membahas secara singkat sebelum kita masuk pada pembahasan utamanya. Email Marketing adalah sebuah upaya mempromosikan, memasarkan, memberikan informasi sesuatu melalui media email yang pada umumnya dikirim secara masal kepada orang yang sudah terdaftar di email list yang Anda bangun.

Pentingnya Email Marketing Untuk Bisnis

Membangun daftar alamat email pelanggan adalah hal yang sangat penting terutama dalam bisnis online. Karena hal tersebut lah tidak heran jika Anda berkunjung ke website personal ataupun website bisnis, umumnya Anda akan diminta memasukkan alamat email Anda. Entah dengan benefit mendapat ebook, tutorial SEO dan lain-lain.

Tidak bisa dipungkiri bahwa email saat ini masih menjadi salah satu alat komunikasi yang paling efektif dan juga efisien. Hampir semua orang rata-rata yang memiliki internet dan juga smartphone akan meluangkan sedikit waktu untuk mengecek email yang ada pada inbox.

Menurut Kami email di masa depan akan terus berkembang dan akan bertambah pula orang yang menggunakan email untuk keperluan komunikasi online, mengirim beberapa file atau dokumen.

Jika dibandingkan dengan menulis sebuah artikel di blog Anda, ada banyak kelebihan mengirim email secara langsung kepada audiens. Berikut ini 15 alasan penting kenapa harus mengirim email marketing untuk bisnis:

Membuat Konten Lebih Personal

Dengan pemasaran email, Anda dapat menyesuaikan kampanye Anda dan membuat konten bertarget.

Personalisasi dapat berupa memasukkan nama kontak di email. Faktanya, email yang mencantumkan nama depan penerima di baris subjeknya memiliki rasio klik-tayang yang lebih tinggi daripada yang tidak.

Di sisi lain, Anda juga dapat membuat konten individual berdasarkan segmentasi audiens Anda sehingga Anda mengirim email yang tepat ke pelanggan yang tepat. Misalnya, mungkin Anda ingin mengirim kampanye pemasaran email ke pelanggan yang kembali dan yang berbeda ke pelanggan satu kali.

Salah satu manfaat utama pemasaran email adalah bahwa konten Anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan audiens Anda. Email Anda mungkin memiliki variasi termasuk gambar atau baris subjek yang berbeda untuk meningkatkan keterlibatan Anda. Anda bahkan dapat membuat daftar tersegmentasi berdasarkan geografi atau tingkat keterlibatan.

Untuk memiliki strategi pemasaran email yang sukses, Anda perlu mengirim email yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Di situlah segmentasi dan personalisasi dapat membantu.

Mengumpulkan Feedback & Survey

Memantau pengalaman pelanggan sangat berharga jika Anda ingin pelanggan terus berinteraksi, terlibat, dan membeli dari merek Anda.

Pemasaran email dapat membantu Anda melakukan ini. Misalnya, Anda dapat mengirim survei kepuasan pelanggan untuk mendapatkan umpan balik pelanggan melalui kampanye email.

Faktanya, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghitung Net Promoter Score (NPS) Anda. Skor ini membantu Anda mengetahui persentase pelanggan yang menjadi duta merek dan yang melakukan pencela. Dengan informasi ini, Anda dapat menemukan strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Meningkatkan Penjualan

Meskipun email marketing jelas merupakan alat pemasaran yang sangat baik, ini sebenarnya dapat meningkatkan penjualan Anda juga.

Faktanya, 59% marketer mengatakan email adalah sumber ROI terbesar mereka dan marketer yang menggunakan kampanye tersegmentasi mencatat peningkatan pendapatan sebanyak 760%.

Kampanye email marketing dapat menampilkan produk atau layanan, mendorong pelanggan untuk membeli setelah meninggalkan keranjang mereka, atau memberikan penawaran khusus kepada pelanggan Anda.

Lebih lanjut, 59% responden dalam survei ini mengatakan email marketing memengaruhi keputusan pembelian mereka.

Kampanye pemasaran email Anda dapat dengan mudah memasukkan pesan untuk mendorong pembelian kepada audiens yang lebih cenderung membeli dari Anda karena mereka telah memilih untuk menerima pesan dan update Anda.

Selain itu, Anda dapat menggunakan pemasaran email untuk mengotomatiskan bagian dari proses penjualan Anda, yang juga dapat membantu meningkatkan penjualan.

Misalnya, dengan alat pemasaran email gratis HubSpot, Anda dapat mengotomatiskan kampanye penjualan dan mengirim pesan otomatis ke prospek yang ingin ditindaklanjuti oleh staf penjualan Anda.

Berkomunikasi dengan Audiens Anda

Sebagai pemasar, selalu penting untuk meningkatkan komunikasi dengan audiens Anda. Ketika audiens Anda merasa mereka dapat berbicara dengan Anda, mereka cenderung menjadi loyal terhadap merek Anda.

Bayangkan orang menghargai email yang bagus. Pikirkan kembali terakhir kali Anda menerima email pemasaran dari merek yang Anda sukai, apakah itu mengganggu atau apakah Anda senang melihat berita terbaru? Jika itu adalah merek yang Anda suka, Anda mungkin menikmati pengalaman itu dan membuat Anda tetap terhubung dengan salah satu merek favorit Anda.

Dengan pemasaran email, Anda dapat menjangkau lebih banyak audiens dan berkomunikasi dengan mudah dengan duta merek. Selain itu, email ini membuat audiens Anda tetap terlibat setiap saat sepanjang tahun, baik saat musim sepi atau sibuk.

Menghasilkan Lalu Lintas ke Website Anda 

Ketika Anda menghasilkan konten yang bagus, bagaimana Anda menyebarkannya ke audiens Anda? Kemungkinan besar, Anda mengirimi mereka email.

Dengan kampanye pemasaran email, Anda akan mengirimkan lalu lintas ke situs Anda dan meningkatkan SEO Anda. Selain itu, Anda akan membuat audiens tetap terlibat dengan merek dan situs Anda.

Misalnya, banyak dari Anda mungkin telah mencapai halaman ini dari email pemasaran dari HubSpot. Itu karena email adalah cara terbaik untuk memberikan nilai kepada audiens kami, dan kami melakukannya dengan mengirimkan konten kami di email kami dan menghasilkan lalu lintas.

Saat Anda membuat email yang tertaut ke konten Anda, perlu diingat bahwa setiap email harus berisi ajakan bertindak (CTA) sehingga pembaca dapat mengklik ke situs Anda.

Mengirim Campaign Tepat Waktu

Kenapa Email Marketing Penting?

Meskipun kampanye pemasaran tradisional memiliki waktu dan tempat, namun perlu waktu berbulan-bulan untuk merencanakan dan mengaturnya. Meskipun begitu, Anda mungkin tidak yakin apakah orang akan melihat aset kampanye Anda pada waktu yang tepat.

Namun, dengan email marketing, Anda dapat membuat seluruh kampanye dalam waktu yang lebih singkat karena perencanaannya tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu, Anda dapat memastikan audiens Anda melihat email pada waktu yang tepat.

Misalnya, Anda dapat memastikan Anda mengirim konten pada waktu yang tepat dengan membagi audiens Anda.

Meningkatkan Leads atau Prospek

Dalam nada yang sama seperti meningkatkan penjualan, Anda juga dapat meningkatkan prospek Anda dengan pemasaran email. Faktanya, dengan metode masuk, pemasaran email digunakan untuk memelihara prospek dan meningkatkan konversi.

Misalnya, Anda mengunduh magnet utama dari sebuah situs. Kemudian, Anda mulai menerima email dan pada akhirnya, Anda memutuskan untuk memesan demo dan mempelajari lebih lanjut. Anda baru saja beralih dari MQL ke SQL, yang meningkatkan jumlah prospek yang memenuhi syarat tim pemasaran ke tim penjualan.

Kampanye email marketing selanjutnya dapat memenuhi syarat prospek sehingga tim penjualan Anda tidak membuang waktu untuk prospek yang buruk. Selain itu, jika perusahaan Anda melakukan penilaian prospek, Anda dapat melacak apakah prospek tersebut membuka email Anda atau terlibat dengan mengklik tautan di email Anda.

Menjangkau Orang Tepat di Waktu yang Tepat

Untuk memiliki kampanye pemasaran yang sukses, Anda harus menjangkau pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat. Ya, saya mengulangi poin ini karena itu penting.

Dengan email, jauh lebih mudah menjangkau orang-orang karena mereka selalu memeriksa email mereka. Mereka dapat memeriksanya kapan saja, di beberapa perangkat, yang dapat meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran apa pun.

Ini berarti Anda tampil di depan audiens Anda secara teratur, jadi Anda selalu top-of-mind.

Menghasilkan Campaign yang Hemat Biaya

Sementara kampanye tradisional seperti langsung atau cetak bisa mahal, kampanye pemasaran email cenderung lebih hemat biaya.

Misalnya, Anda tidak perlu membayar pemotretan, biaya lokasi, printer, pengiriman surat, atau penempatan. Yang Anda butuhkan hanyalah copywriter dan seniman grafis (jika Anda tidak menggunakan gambar stok). Ini bahkan bisa menjadi satu orang di tim Anda.

Selain itu, kampanye email tidak membutuhkan waktu lama untuk diproduksi. Jika perlu, Anda dapat membuat email dalam satu hari, yang jauh lebih hemat biaya daripada waktu yang diperlukan untuk menghasilkan kampanye langsung atau cetak.

Karena batasan waktu dan anggaran selalu berdampak pada pemasar, kampanye pemasaran email bisa lebih efisien, sekaligus menghasilkan pendapatan dan prospek.

Memberikan Nilai Lebih Kepada Audiens

Salah satu tujuan utama bisnis apa pun adalah memberikan nilai bagi audiens Anda sehingga mereka terus datang kembali.

Email marketing adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan pelanggan setia karena Anda dapat menambah nilai bahkan ketika pelanggan tidak melakukan pembelian.

Selain itu, karena pelanggan atau prospek ikut serta, Anda dapat menggunakan pemasaran email untuk menyediakan lebih banyak sumber daya kepada kontak yang tertarik dengan apa yang Anda katakan.

Jika Anda terus memberikan nilai kepada audiens Anda, lebih banyak orang akan memperhatikan dan Anda akan menghasilkan ROI yang lebih tinggi.

Memiliki Forum Untuk Promosi

Kadang-kadang bisa jadi canggung untuk mempromosikan diri di tempat di mana prospek belum tentu memilih untuk menerima pembaruan tentang bisnis Anda. Namun, promosi diri adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan. Jika Anda tidak dapat mempromosikan diri sendiri dan menjual perusahaan Anda, tidak ada yang akan membeli dari Anda.

Dengan kampanye pemasaran email, Anda akan selalu memiliki kesempatan untuk mempromosikan diri Anda sendiri, terutama karena pelanggan memilih ikut serta. Anda dapat mengirim email tentang produk baru, fitur dan manfaat, atau konten baru. Karena pelanggan ingin mendengar dari Anda, promosi diri ini tidak diinginkan atau mengganggu.

Memiliki Media dan Daftar Kontak Audiens Anda

Dengan platform seperti media sosial, Anda tidak memiliki daftar kontak Anda atau bahkan informasi yang Anda posting. Biasanya, konten dan daftar pengikut Anda dimiliki oleh platform media sosial.

Bayangkan jika media sosial hilang besok, berapa banyak pengikut dan pelanggan yang akan Anda hilangkan?

Itulah mengapa membangun daftar email penting bagi pemasar. Ini adalah daftar kontak yang Anda miliki dan Anda dapat berinteraksi dengannya terlepas dari penyedia emailnya. Plus, Anda juga akan memiliki konten yang Anda produksi dan kirim juga.

Pemasaran email adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau audiens Anda. Selain itu, ini juga dapat meningkatkan penjualan dan prospek. Karena ini masih merupakan tempat di mana orang ingin menerima informasi, anggap saja pemasaran email tidak mati.

Hasil Instan

Karena kecepatan email, bisnis dapat mulai terlihat hasilnya dalam beberapa menit setelah emailnya dikirim jika menggunakan pendekatan yang tepat. 

Penjualan 24 jam adalah taktik pemasaran brilian yang dapat digunakan melalui email, karena hal itu menciptakan rasa urgensi dan meyakinkan pelanggan untuk segera mengambil tindakan.

Bisnis biasanya harus menunggu berminggu-minggu sampai mereka melihat penjualan masuk sebagai hasil dari kampanyenya. 

Mudah Diukur

Manfaat utama lainnya dari pemasaran email adalah mudah untuk mengetahui kesalahan Anda. Sebagian besar perangkat lunak pemasaran email memungkinkan Anda melacak open, click-through and conversion rates, sehingga mudah untuk mengetahui bagaimana kampanye dapat ditingkatkan. Perubahan ini juga dapat dilakukan dengan segera, sedangkan iklan cetak atau siaran membutuhkan sedikit usaha untuk mengubahnya.

Biaya Rendah

Salah satu keuntungan paling jelas dari pemasaran email adalah biayanya yang lebih rendah dibandingkan dengan saluran pemasaran umum. 

Tidak ada biaya cetak atau ongkos kirim dan tidak ada biaya yang dibayarkan sebagai imbalan atas penayangan di papan iklan, majalah, atau saluran televisi tertentu. 

Email Marketer mungkin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak khusus untuk mengotomatiskan, melacak, dan mengevaluasi email mereka. Memang, mungkin ada sedikit biaya tambahan untuk mengirim ribuan email sekaligus, tetapi biaya ini jauh lebih rendah daripada yang menggunakan saluran pemasaran lain.

Jangkau Audiens Global

Platform pemasaran apa lagi yang memungkinkan Anda mengirim pesan secara instan ke ribuan orang di seluruh dunia? Tentu, media sosial dapat membantu Anda menyebarkan berita kepada audiens global. Namun tidak ada yang tahu siapa yang sebenarnya membaca konten Anda.

Berbeda dengan email marketing yang bisa mengetahui siapa yang membuka promo, siapa yang tertarik dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Nah itulah artikel tentang manfaat email marketing untuk bisnis Anda. Terima kasih sudah membaca artikel Kami sampai akhir, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Beri Komentar

1 comment
HindiaZone